Panduan Pendaftaran Bidikmisi tahun 2019/2020

Pendaftaran.info - bidikmisi adalah sebuah program dimana pemerintah memberikan bantuan biaya hidup dan pendidikan bagi calon mahasiswa yang secara ekonomi keluarganya tidak mampu.
Tapi perlu anda ketahui pemerintah tetap memprioritaskan bagi calon mahasiswa yang berprestasi.

Program ini adalah kesempatan besar bagi siswa dan siswi SMA yang berprestasi namun tidak sanggup melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena alasan ekonomi yang tidak memadai. Untuk anda yang tidak memiliki prestasi dibidang akademik maupun non-akademik jangan khawatir tidak lolos seleksi bidikmisi. Teteap ikut saja dalam program bidikmisi ini jika anda berasal dari keluarga yang tidak mampu. Toh rezeki sudah yang ada atur bukan.

Program bidikmisi sendiri telah diadakan pemerintah sejak tahun 2010 yang disalurkan melalui dikti. Adapun program bidik misi dibentuk dengan beberapa tujuan berikut:
  1. Memberi bantuan kepada calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu dan memiliki prestasi yang baik.
  2. Meningkatkan motivasi calon mahasiswa agar terus berprestasi terutama bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu.
  3. Menjamin studi calon mahasiswa hingga selesai (lulus).

Adapun calon mahasiswa yang dapat menerima Program Bidikmisi adalah Calon Mahasiswa PTN dan PTS terpilih saja, Perguruan Tinggi tersebut dipilih langsung oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti).

Bagi anda yang ingin mengajukan Bidikmisi, anda harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Persyaratan Program Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan lulus pada tahun 2020
  2. Adapun untuk siswa lulusan 2019 bukan penerima bidikmisi tahun lalu dan tidak menentang ketentuan penerimaan calon mahasiswa disetiap perguruan tinggi yang tersedia.
  3. Usia calon mahasiswa maksimal 21 tahun
  4. Berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Yakni, siswa yang semasa di sma telah menerima bantuan dari pemerintah baik berupa BSM, KIP, dan Lainnya
  5. Maksimal pendidikan orang tua/wali calon mahasiswa bidikmisi Sarajana 1 (S1) atau Diploma IV (Setara dengan S1).
  6. Kepala sekolah telah merekomendasikan siswa yang berhak mengikuti seleksi bidikmisi (anda dapat meminta surat rekomendasi ke kepala sekolah anda)

Panduan Pendaftaran bidikmisi
  1. Calon peserta bidikmisi membukan laman resmi pendaftaran Bidikmisi untuk siswa, yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  2. Siswa kemudian login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang sebelumnya telah diberikan oleh pihak sekolah (jika belum punya silahkan mengajukan kelayakan mengikuti bidikmisi ke sekolah)
  3. Setelah login calon peserta Bidikmisi melakukan pengisian biodata diri dengan lengkap dan benar (akan banyak data yang diinput jadi isi jauh-jauh hari sebelum hari-H).
  4. Apabila semua data telah dipastikan lengkap dan benar, selanjutnya lakukan finalisasi dan cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  5. Siswa yang telah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi, selanjutnya dipersilahkan melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi jalur nasional atau mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, berupa Bidikmisi PMDK Politeknik, Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

Demikianlah Panduan Pendaftaran Bidikmisi tahun 2019/2020 yang dapat penulis sampaikan, besar harapan artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan anda tentang bagaimana cara mengikuti bidikmisi.

Jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada teman seperjuangan anda dengan share artikel ini. Penulis mendoakan semoga anda mendapatkan jalan yang terbaik untuk memasuki PTN.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter