Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru tahun 2019/2020 (CAMABA)


Pendaftaran.info - pada artikel ini, akan disajikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa baru tahun 2019/2020 dengan harapan dapat membantu dan memudahkan anda memasuki PTN dan PTS yang diinginkan. untuk selengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Dikutip dari Ensiklopedia Wikipedia. bahwa, Perguruan tinggi adalah tahap akhir yang tidak wajib anda ikuti (oposional) pada pendidikan formal. Perguruan Tinggi Biasanya terdiri dalam bentuk universitas, akademi, politeknik, sekolah tinggi, dan insitut . Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidiknya disebut dosen.
  • Universitas adalah insititusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. universitas memiliki pendidikan sarjana dan pascasarjana.
  • Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu.
  • Politeknik adalah insititusi yang menyediakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan pofesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Uraian diatas merupakan macam-macam perguruan tinggi yang dapat ditempuh setelah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat. Dari ke-5 pilihan tersebut masih terdapat 2 jenis perguruan tinggi negeri. Yakni, perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

lalu pilihan manakah yang terbaik antara PTN dan PTS ?, Sudah pasti PTN menjadi opsi yang tepat karena pada PTN terdapat begitu banyak beasiswa yang dapat kamu ambil. Namun, jika PTN menjadi pilihan yang terbaik bukan berarti PTS tidak baik. Karena pada dasarnya Perguruan Tinggi tidak menjamin kesuksesan setiap mahasiswanya, semua itu tergantung pada dirinya sendiri.

Mengenai pembahasan Perguruan tinggi diatas bagi yang ingin melanjutkan ke PTN atau PTS, wajib anda ketahui tentang jalur apa saja yang dapat anda tempuh. Berikut uraiannya:

1. Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas
Pendaftaran Universitas Negeri
Apabila anda ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dalam bidang akademik, Universitas dan institut adalah pilihan yang tepat!. Berikut beberapa jalur masuk Universitas Negeri dan Institut yang harus dicatat.

Pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Ini adalah jalur masuk PTN yang di seleksi berdasarkan nilai Raport mulai semester 1-5 dan juga prestasi yang telah di peroleh sebagai bahan pendukungnya. Namun, Apabila anda tidak pernah meraih prestasi sewaktu di sekolah anda tetap bisa lolos lewat jalur ini jika nilai raport terbilang konsisten (nilai terus naik setiap semesternya) atau tidak mengalami penurunan seacara signifikan.
Sebelum mengikuti SNMPTN anda akan diseleksi terlebih dahulu disekolah anda baik swasta/negeri dan dipilih berdasarkan nilai raport yang bagus. Jika akreditasi sekolah A kesempatan anda mengikuti SNMPTN cukup besar karena dari seluruh siswanya 40% terbaik bisa mengikuti SNMPTN.
Pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
SBMPTN adalah sebuah seleksi yang berdasarkan nilai hasil UTBK yang dilakukan sebelumnya. UTBK adalah sebuah ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada ujian UTBK akan ada penilaian dari beberapa mata pelajaran pilihan menurut jurusannya masing-masing dan untuk kesempatan memgikuti UTBK hanya tersedia 2 kali saja.

Pendaftaran Jalur Mandiri
Jika sebelumnya tidak berhasi lolos mengikuti SNMPTN dan SBMPTN anda tetap bisa masuk PTN melwati tes tulis yang diselenggarakan perguruan tinggi tersebut. Memang, tidak semua PTN membuka jalur mandiri tapi kamu dapat menjadikan jalur ini sebagai pilihan alternatif!.
Note: biaya yang diperlukan lewat jalur mandiri jauh lebih besar daripada SNMPTN dan SBMPTN

Pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN)
Selain Universitas Negeri terdapat pula Universitas Islam Negeri yang dapat anda jadikan pilihan dengan lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

Pendaftaran SPAN-PTKIN
Sama halnya dengan SNMPTN, SPAN-PTKIN adalah salah satu jalur seleksi yang melihat dari nilai raport dan prestasi siswa yang dapat menjadi nilai plus.
Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara onlien melalui website resmi www.span-ptkin.ac.id

Pendaftaran UM-PTKIN
Bagi anda yang belum terpilih pada jalur SPAN, Anda tetap bisa masuk UIN melewati jalur seleksi UM-PTKIN, anda akan mengikuti tes tulis dengan melakukan pendaftaran di website resmi www.um-ptkin.ac.id

2. Pendaftaran Akademi
Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu.

Untuk informasi pendaftaran beberapa akademi bisa anda baca disini:
  • Pendaftaran Akademi Kepolisian (AKPOL)
  • Pendaftaran Akademi Angkatan Laut (AAU)
  • Pendaftaran Akademi Militer (AKMIL)

3. Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Negeri
Seperti uraian diatas, politeknik adalah pilihan terbaik bagi anda yang ingin memiliki keahlian di bidang khusus dengan mengikuti pendidikan Diploma.

Terdapat 4 jalur untuk masuk politeknik negeri antara lain PMDK-PN, UMPN, Kerjasama, dan Jalur Mandiri.

Pendaftaran PMDK-PN
PMDK-PN merupakan jalur seleksi berdasarkan raport dan prestasi (sama halnya dengan snmptn namun dikhususkan untuk politeknik).

Pendaftaran PMDKPN secara online dapat anda lakukan di website resmi www.pmdk.politeknik.or.id
Pendaftaran UMPN
Jika sebelnya anda tidak mengikuti PMDK-PN, anda bisa mengikuti ujian tulis masuk politeknik negeri.

Untuk pendaftaran UMPN dilakukan secara online di website resmi setiap politekni negeri indonesia.
  • Selengkapnya alur pendaftaran UMPN

Pendaftaran jalur Kerjasama
Pada politeknik tertentu terdapat sebuah jalur khusus yang merupakan kerjasama dengan sebuah perusahaan negeri atau swasta, jalur ini adalah yang paling ketat karena banyak persaingan. Contoh politeknik yang mebuka jalur kerja sama adalah Polinema dengan PT. PLN

Untuk pendaftarannya silahkan menuju website resmi polteknik tersebut.

Pendaftaran Jalur Mandiri politeknik negeri
Tidak hanya universitas negeri yang membuka jalur negeri, pada politeknik negeri anda dapat menempuh jalur yang serupa dengan mengikuti seleksi tes tulis dengan catatan biaya jauh lebih mahal dari ketiga jalur diatas.

4. Pendaftaran Perguruan Tinggi Swasta
Jika semua jalur masuk perguruan tinggi negeri telah tertutup, anda tetap bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi swasta.

Bukan berarti karena swasta, perguruan tinggi tersebut jelek. bahkan terdapat suatu perguruan tinggi swasta yang menjadi terfavorit diindonesia! Jadi jangan patah semangat karena tidak bisa masuk ptn.

Berikut jalur masuk perguruan tinggi swasta yang anda di indonesia.

Pendaftaran PMDK-PTS
Pada jalur ini diperuntukan untuk siswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website masing-masing PTS.

Pendaftaran jalur mandiri PTS
Ini adalah jalur yang banyak di minati oleh siswa Karena besar kemungkinan pasti diterima di perguruan tinggi swasta. Selain itu, PTS membuka jalur mandiri sampai 3 gelombang dengan tujuan peserta yang tidak lolos seleksi gelombang pertama bisa mengikuti gelombang selanjutnya.


Itulah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menjadi pondasi pengetahuan bagi anda teruntuk yang melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Jika terdapat sebuah pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan dikolom komentar dibawah ini dan Semoga anda mendapat jalan yang terbaik dalam mengejar cita-cita. all wish you the best!
Newer Oldest

Related Posts

6 comments

  1. Kalau mendaftar di politeknik emang cuma sampai d3 doang ya? Ga smpai s1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Sarjana Terapan kak setara S1 atau Diploma IV

      Delete
  2. Memang lebih banyak yang milih ke PTN, karena lebih banyak beasiswa, termasuk dari pemerintah. Seperti di Universitas Terbuka.
    Tapi, di mana pun kuliah, sukses nggaknya juga ditentukan orang-orangnya masing-masing, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, mahasiswa hebat bukan dilihat dari almamaternya kak

      Delete
  3. Saya aja yg baru lulus SMA tahun 2019 baru tau ternyata ada sebanyak ini untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Alhamdulillah sudah masuk universitas lewat SNMPTN.

    Artikel ini sangat bagus, wajib banyak orang tau mengenai artikel ini, terutama blog ini agar paham benar bagaimana cara melanjutkan ke perguruan tinggi negeri soalnya taunya hanya lewat universitas negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat kak atas masuknya ke universitas negeri :D

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter