Panduan pendaftaran SNMPTN tahun 2019/2020 (snmptn.ac.id)

Advertisemen

Pendaftaran.info - pada kesempatan ini penulis akan menyampaikan bagaimana Cara mendaftar SNMPTN lengkap dengan persyaratan dan ketentuan, tujuan artikel ini dibuat penulis agar dapat memudahkan anda melakukan pendaftaran SNMPTN 2019/2020.

Mengingat saat masih sekolah penulis sangat kesulitan bagaimana cara mendaftar SNMPTN. Jadi, bagi calon peserta SNMPTN alangkah baiknya mengetahui alur pendaftaran SNMPTN. Untuk itu, Simak penjelasannya berikut ini.

Tahukah anda bahwa Kuota SNMPTN tahun ini hanya 20% dari kapasitas PTN tersebut

Tahap Pertama: Sekolah melakukan pengisian dan Verifikasi PDSS

  1. Pihak sekolah mendaftar dengan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman pdss.snmptn.ac.id
  2. Kemudian pihak sekolah akan mendapatkan password yang mana nanti digunakan siswa untuk melakukan proses verifikasi
  3. Setelah password didapatkan, siswa di haruskan melakukan pengisian nilai rapor kepada pihak sekolah dengan menggunakan NISN dan password. Tujuan pemgisian nilai rapor ini adalah untuk memastikan data nilai rapor Siswa sesuai yang telah di isikan oleh pihak sekolah sebelumnya. Karena, pada saat proses verifikasi siswa nanti tidak akan bisa merubah data kembali.

Tahap Kedua: Pemeringkatan

Setelah sekolah menyelasaikan pengisian data rapor. Selanjutnya, akan masuk ke tahap pemeringkatan siswa yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran pada setiap jurusan berikut..
  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Kompetensi Keahlian.
Setelah melakukan pemeringkatan nilai rapor yang dilakukan LTMPT, hanya siswa yang memenuhi syarat di perbolehkan mengikuti SNMPTN dengan ketentuan Akreditasi sekolah:
  • Akreditasi A : 40% siswa terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B : 25% siswa terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya 5% siswa terbaik di sekolahnya

Tahap Ketiga: Pendaftaran SNMPTN

  1. Siswa yang lolos hasil seleksi dari LTMPT berdasarkan Akreditasi sekolah kemudian melakukan pendaftaran SNMPTN menggunakan NISN dan Password yang diberikan oleh sekolah dengan login ke laman web.snmptn.ac.id
  2. Setelah berhasil masuk ke Dashboard SNMPTN, Anda siswa diwajibkan mengisi biodata, mengupload dokumen, dan pilihan PTN. Dan (khusus) untuk Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. (selengkapnya bisa anda baca disini tentang portofolio)
  3. Setelah selesai dan dirasa benar pengisian data Siswa, Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
NB: jika anda merasa dari kalangan orang tidak mampu dapat mengajukan bidik misi sebelum melakukan finalisasi terhadap pendaftaran SNMPTN. (selengkapnya cara mengajukan bidikmisi)


KETERANGAN LAINNYA:
  • Peserta SNMPTN hanya dapat memilih 2 prodi (2 prodi dalam 1 PTN atau 1 Prodi 1 PTN)
  • Nomor pilihan prodi merupakan prioritas yang ditentukan
  • Pendaftaran SNMPTN tidak dipungut biaya sepeserpun

Demikian Informasi pendaftaran SNMPTN tahun 2019/2020, penulis berharap dapat menambah wawasan dan memudahkan anda dalam melakukan pendaftaran SNMPTN, Penulis juga berharap hasil yang terbaik untuk kita semua.

Jangan lupa pula untuk membagikan informasi ini kepada teman anda agar mereka tidak ketinggalan informasi. Dan bila mana ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar!.
Advertisemen