Panduan Pendaftaran UMPTKIN tahun 2019/2020 (um-ptkin.ac.id)

Pendaftaran.info - Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan ini penulis akan membagikan informasi pendaftaran UM-PTKIN 2019/2020. UMPTKIN adalah singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui jalur ujian tulis (diantaranya perguruan tinggi yang dimaksud yaitu UIN, IAIN dan STAIN). Bisa dikatakan UM PTKIN adalah jalur yang mirip dengan SBMPTN secara model seleksi karena sama-sama menggunakan nilai ujian tulis dalam penilaiannya.

Melihat dari banyaknya peserta SBMPTN kali ini pemerintah kementrian agama republik indonesia menetapkan dan membuka jalur yang serupa untuk memberi kesempatan bagi siswa madrasah agar dapat memasuki perguruan tinggi islam negeri. Untuk biaya pendaftaran UMPTKIN dibebankan kepada peserta dan disubsidi oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Lalu bagaimanakah cara mendaftar UMPTKIN 2020 ? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Ketetntuan Umum UMPTKIN

  • Lulus Tahun 2018, 2019 dan 2020 dari Satuan Pendidikan SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah. Bagi peserta lulusan tahun 2020 wajib mempunyai Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah dari sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel sekolah.
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)7 akan di cek oleh panitia sebelum pelaksanaan ujian.
  • Memiliki kesehatan yang memungkinkan sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di PTKIN.
  • Untuk kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3, yaitu :
  1. Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Agama Islam)
  2. Tes Kemampuan Bidang IPA
  3. Tes Kemampuan Bidang IPS
  • Ketentuan kelompok program studi, jumlah pilihan dan lokasi ujian adalah sebagai berikut:
  1. Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan program pendidikan. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan ujian akan menggunakan kelompok IPA, jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian adalah IPS, dan jika peserta memilih prodi IPA dan IPS maka kelompok ujian adalah IPC
  2. Semua kelompok ujian baik (IPA/IPS/IPC) dapat memilih minimal 1 program pejdidikan dan maksimal 3 program pendidikan
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
  4. Setiap peserta bebas memilih lokasi dilaksanakannya ujian pada salah satu PTKIN seluruh Indonesia
  • Peserta dapat memilih metode pengerjaan ujian tulis yakni melalui:
  • Paper Based Test (PBT) ujian yang dilakukan secara tertulis dan peserta harus membawa pensil 2B untuk mengisi lembar jawaban komputer (LJK)
  • Sistem Seleksi Elektronik (SSE) ujian yang dilakukan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT
Catatan: Tipe ujian SSE hanya ada pada PTKIN tertentu saja dan itupun dengan kuota peserta yang terbatas.

2. Pendaftaran UMPTKIN 2020
Untuk mengikuti seleksi UMPTKIN peserta harus membayar senilai Rp. 200.000,00 (Dua Ratus Ribu Rupiah), pembayaran ini dapat dilakukan menggunakan bank BNI, Atm Bersama, Nomor Virutual Account, atau kepada Teller Bank. Berikut cara pendaftaran UMPTKIN:
  • Calon peserta melakukan pendaftaran secara online di www.um-ptkin.ac.id, setelah mengisi biodata peserta dan melakukan pendaftaran peserta akan mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN, dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  • Setelah melakukan pembayaran peserta  akan mendapatkan bukti pembayaran. 
  • Peserta kemudian melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan login menggunakan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, lokasi ujian, program studi, dan tipe ujian (SSE / PBT) hingga cetak kartu ujian.
  • Peserta tingal Mengikuti ujian SSE atau PBT sesuai dengan tanggal dan lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Demikian informasi pendaftaran UMPTKIN tahun 2019/2020. Penulis turut mendoakan anda dapat lolos seleksi ini.

Jangan lupa juga share informasi ini keteman atau kerabat anda agar mereka mengetahui tentang bagaimana dan apa itu UMPTKIN melalui tombol share dibawah, dan bila mana ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter